PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG MELALUI CTL
Abstract
Tulisan ini adalah hasil dari penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Harapan 1 Medan Medan tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan deskripsi tentang upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam bangun ruang melalui CTL di kelas VIII SMP Harapan 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan data dilakukan dengan tes awal, tes kemampuan pemecahan masalah pada akhir siklus dan lembar observasi untuk tiap kali pertemuan. Aktivitas Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu siklus I (69,50%) sebanyak 13(56,66%) orang siswa mencapai ketuntasan dan siklus II (89,66%) sebanyak 26 (86,66%) orang siswa
mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada bangun ruang melalui CTL (contextual teaching and learning ) di kelas VIII SMP Harapan 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.