PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG MELALUI CTL

  • Dedy Juliandri Panjaitan UMN Al Washliyah

Abstrak

Tulisan ini adalah hasil dari penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Harapan 1 Medan Medan tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan deskripsi tentang upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam bangun ruang melalui CTL di kelas VIII SMP Harapan 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan data dilakukan dengan tes awal, tes kemampuan pemecahan masalah pada akhir siklus dan lembar observasi untuk tiap kali pertemuan. Aktivitas Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu siklus I (69,50%) sebanyak 13(56,66%) orang siswa mencapai ketuntasan dan siklus II (89,66%) sebanyak 26 (86,66%) orang siswa
mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada bangun ruang melalui CTL (contextual teaching and learning ) di kelas VIII SMP Harapan 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.

 

Diterbitkan
2018-04-16